Macam-Macam E-Mail

Macam-Macam E-Mail_Electronic Mail atau yang sering dikenal dengan E-Mail adalah sebuah fasilitas komunikasi di internet untuk mengirimkan pesan elektronik dengan jangkauan seluruh dunia. E-mail memiliki keunggulan dibandingkan dengan surat biasa yaitu memberikan jaminan komunikasi yang lebih aman tanpa ada pengaruh jarak dan waktu. Bagi beberapa orang mungkin masih awam dengan E-mail, tetapi bagi yang sudah terbiasa di internet tentu tidak asing lagi dengan sebutan ini. E-mail ada bermacam-macam, diantaranya E-mail berbasis SMTP/POP, E-mail berbasis web, dan E-mail forwarding. Sekarang mari kita coba belajar bersama tentang macam-macam E-mail tersebut.

E-mail Berbasis SMTP/POP
E-mail berbasis SMTP/POP adalah E-mail yang menggunakan server SMTP/POP atau Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol, yaitu computer server yang dapat mengirimkan E-mail dari pengguna ke alamat E-mail yang dituju dan sebaliknya. Syaratnya adalah pemakai harus mempunyai akun di server SMTP/POP. Pemakai juga harus menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirimkan E-mail dari dank e server SMTP/POP. Ketika server sudah menyediakan layanan telnet maka pengguna dapat masuk ke mesin server kemudian menjalankan software E-mail pada server. Tentu saja ketika server tidak menyediakan layanan telnet maka pengguna harus memiliki software mail client. Contoh software mail client adalah Ms. Outlook, Mozilla thunderbird, atau Outlook express. Untuk menggunakan software mail client maka harus dilakukan beberapa pengaturan IP, user name atau user Id, dan password pada server E-mail.

E-mail Berbasis Web
E-mail berbasis web tentunya lebih mudah dan gratis. Akses dilakukan dengan melalui fasilitas internet. Biasanya para pengguna menggunakan jasa dari layanan web mail gratis misalnya yahoomail atau gmail.

E-mail Forwading
E-mail Forwading adalah layanan E-mail yang meneruskan E-mail yang diterimanya ke alamat E-mail kita yang lain. E-mail ini bermanfaat untuk pengguna yang sering atau suka berganti-ganti alamat E-mail. Kelebihannya kita bisa menyembunyikan alamat E-mail yang sesungguhnya. Kelemahannya dalam mengecek E-mail harus terhubung dengan internet, karena sifatnya hanya sebagai perantara. E-mail ini membutuhkan waktu yang relative lama agar sampai ke alamat E-mail sesungguhnya.

Itu beberapa macam E-mail yang sering dipakai, silakan tentukan dan pilih sendiri E-mail yang disukai, karena kalau saya masih pakai yang berbasis web, he…. semoga bermanfaat, salam….

Baca juga cara mendapatkan E-mail di posting lainnya.
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2012 ILMUKU: Macam-Macam E-Mail Template by Bamz Templates